contact-button
Cara Untuk Lebih Kreatif dalam Berkerja dengan Aktivitas Sampingan

Cara Untuk Lebih Kreatif dalam Berkerja dengan Aktivitas Sampingan

Percaya ga percaya, memiliki aktivitas sampingan saat berkerja itu bisa membuat kita lebih kreatif loh, Sobat Kiyora! Saat Google pertama kali memulai 20% rule-nya di mana para pekerja Google boleh memakai 20% dari waktu kerjanya untuk bermain-main, mengerjakan hobi mereka dan hal yang mereka senangi, hasilnya adalah kreativitas juga produktivitas yang lebih tinggi di 80% waktu mereka. Melakukan aktivitas sampingan dan mengerjakan hobi saat bekerja ternyata meningkatkan performa kerja kita loh, Sobat Kiyora.

Psikologi dari Aktivitas sampingan

Fenomena diatas bukan cuma sekedar karangan, karena profesor Dr. Kevin Eschleman dari San Fransisco State sudah melakukan penelitian tentang hal ini kepada 400 karyawan. Dipisahkan ke dua kelompok yang berbeda, mereka yang sempat melakukan aktivitas sampingan saat berkerja ternyata bisa menjadi karyawan yang lebih ringan tangan, kolaboratif, dan kreatif dalam bekerja. Bahkan juga mereka yang melakukan aktivitas sampingan berupa hobi mereka biasanya merasa lebih relaks di luar jam kerja. Luar biasa ya, Sobat Kiyora!

Pemulihan terjadi pada psikologi kita saat melakukan hobi dan hal yang kita suka. Bahkan penelitian yang dilakukan profesor Eschleman membuktikan pentingnya kreativitas dalam pemulihan. Begitu juga pada makalah yang disusun oleh European Journal of Work and Organizational Psychology yang membuktikan adanya hubungan antara bermain dan kesenangan pada pemulihan.

Dari sudut pandang psikologi, memang lebih baik kalau kita memiliki suatu aktivitas yang menantang kita secara kemampuan kreatif loh, Sobat Kiyora. Itu juga berlaku dalam dunia pekerjaan: Pengalaman beraktivitas yang optimal berhubungan secara positif dengan kesehatan mental. Sayangnya, di sini aktivitas itu dianggap sebagai pelarian dari pekerjaan. Pelarian di sini maksudnya kebanyakan orang tidak melakukan aktivitas yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka, tapi lebih kepada aktivitas pasif untuk melarikan diri dari rutinitas dan masalah. Nah, kebiasaan yang seperti itu bisa membuat kita memiliki gaya hidup yang pasif dan membosankan loh, Sobat Kiyora, malah bisa membuat kita menjadi orang yang apatis dan depresi.

Profesor sosiologi dari Boston College, Dr. Juliet Schor menamakan fenomena ini sebagai “work-spend-work-spend mentality.” Kita bekerja keras agar kita bisa menghabiskan hasil kerja keras kita, dan semakin kita menghabiskan hasil kerja keras kita, semakin kita berkerja keras.

Nah, melakukan aktivitas sampingan dan hobi yang kreatif membantu menghentikan siklus ini dan membuat kita bisa memiliki hidup yang lebih kreatif.

3L Dalam Aktivitas sampingan

Ada yang bilang aktivitas sampingan harus berbeda dari kerjaan kita sehari-hari, Sobat Kiyora. Mungkin bagi sebagian orang membuat sebuah website adalah aktivitas sampingan, tapi untuk orang lain itu bisa jadi mata pencaharian. Bermain piano adalah hobi bagi sebagian orang, dan profesi untuk orang lainnya.

Nah, Hiut Denim Co pernah menjelaskan pemikirannya tentang aktivitas sampingannya yang berdampak besar bagi karirnya. Ia percaya aktivitas sampingan punya 3 peraturan:

  1. Low-risk
    Jangan menjadikan aktivitas sampingan kita sebagai mata pencaharian utama, seandainya aktivitas sampingan itu gagal, kita masih bisa hidup dari pekerjaan utama kita.
  2. Low-pressure
    Aktivitas sampingan kita sebaiknya tidak memiliki deadline, Sobat Kiyora. Saat kita tidak terikat pada batas waktu, kita tidak akan berpegang pada rumus kita biasa melakukan sesuatu. Kita akan mencoba hal baru, bereksperimen lebih luas, dan kita akan lebih berani mengambil resiko.
  3. Love
    Aktivitas sampingan adalah pekerjaan penuh cinta. Kita sendiri yang berkerja, kita sendiri yang mencintainya. Jadi saat kita menghabiskan waktu untuk aktivitas sampingan ini, kita melakukannya karena kita benar-benar menyukainya. Itu yang akan membuat kita melakukannya lagi dan lagi.

Memang akan sulit untuk menyatukan ketiga aspek ini di dalam dunia bisnis, Sobat Kiyora. Banyak pekerjaan yang tidak memilki dua – atau bahkan tiga – dari elemen-elemen ini. Pekerjaan yang penuh resiko dan penuh tekanan seakan menjadi sisi yang berbeda dari aktivitas sampingan, sehingga tanpa melakukan aktivitas sampingan, kita akan merasakan beban yang berat sebelah.

Selain membuat kehidupan pekerjaan kita seimbang, aktivitas sampingan dan hobi juga mendorong kita untuk berkembang di beberapa area penting. Seperti yang disampaikan oleh blog Building Things:

“Penting untuk sesekali menjadi klien bagi kita sendiri. Miliki beberapa aktivitas sampingan yang akan mendorong kita untuk mempelajari hal baru, bisa merenggangkan otot-otot kreatif ktia, dan memberikan kita ide-ide yang baru dan inovatif.”

Aktivitas sampingan, Hobi Kreatif, atau Keduanya?Saat kita berbicara tentang aktivitas sampingan dan hobi kreatif, sebetulnya kita sedang berbicara tentang hal yang sama ga sih, Sobat Kiyora? Sebetulnya tidak. Penjelasan yang paling tepat untuk perbedaan antara aktivitas sampingan dengan hobi kreatif adalah:

Aktivitas sampingan berujung pada sesuatu, hasil yang selesai.

Hobi kreatif adalah sesuatu yang diminati secara berkepanjangan.

Contohnya begini: seorang musisi memiliki aktivitas sampingan yang cukup banyak. Proyek aktivitas sampingannya ini bisa berujung pada eksperimen dengan hobi kreatifnya – instrumen baru, musik baru, teknologi baru. Dalam kasus ini, hobi berujung pada sebuah proyek.

Kita bisa memilih keduanya kok, Sobat Kiyora. Kita bahkan bisa melakukan keduanya dalam saat yang bersamaan. Kita bahkan bisa memilih sebuah minat baru untuk kita jadikan aktivitas sampingan, sesuatu yang sangat ingin kita pelajari.

Aktivitas sampingan kita atau hobi kita tidak harus sesuatu yang kita kuasai. Kita bisa bereksperimen lebih jauh dari apa yang kita pilih – Apapun yang menarik minat kita. Berikut beberapa ide untuk memulai hal ini:

  • Mencoba menggambar
  • Menjual sesuatu secara online
  • Menulis buku
  • Memulai sebuah blog
  • Mengambil kursus
  • Menjadi sukarelawan
  • Sobat Kiyora punya ide lainnya lagi?

Cara Membuat Aktivitas Sampingan Tetap Berjalan dan Hobi Kreatif Tetap AktifTentunya dengan mengetahui keuntungan dan cara untuk memulai sebuah aktivitas sampingan atau hobi kreatif itu menguntungkan. Tapi akan ada juga tantangan yang harus dilewati, Sobat Kiyora. Berikut beberapa tips untuk membuat projek sampingan dan hobi kreatif kita terus berjalan:

  1. Tentukan waktu dengan tujuan yang berarti
    Salah satu dari tantangan terbesar dalam hal ini adalah menemukan waktu untuk melakukannya. Selalu ingat apa yang dikatakan Rachel Andrew di A List Apart tentang hal ini:
    “Menemukan waktu untuk melakukan sesuatu kadang bergantung pada menemukan tujuan yang berarti untukmu sehingga menjadikannya sebuah prioritas.”
  2. Fokus pada saat ini, bukan pada akhir
    Terus fokuskan perhatian pada apa yang ada di tangan kita sekarang, Sobat Kiyora. Aktivitas sampingan harusnya sesuatu yang tidak memiliki banyak tekanan, kita melakukannya karena suka dan tidak terpaksa.
  3. Bagi projek dalam beberapa bagian
    Terkadang, akan lebih mudah untuk terus melakukan projek ini apabila projek ini tidak terlalu menakutkan untuk dimulai.
  4. Gabungkan minat
    Kalau Sobat Kiyora merasa sangat sulit untuk terus melakukan proyek dan hobi ini, ada baiknya Sobat Kiyora melakukan sesuatu yang dirasa lebih familiar. Kalau Sobat Kiyora lebih merasa nyaman dengan menulis, maka tidak perlu memaksakan untuk mempelajari desain.

Apa Aktivitas Sampingan dan Hobi Kreatifmu?

Memiliki aktivitas sampingan dan hobi kreatif bisa menjadi suatu luapan psikologi yang besar untuk lebih produktif dalam berkerja. Jika Sobat Kiyora telah menemukan sesuatu yang beresiko rendah, tidak memiliki tingkat stres dan tekanan yang tinggi, juga sangat disukai, maka Sobat Kiyora telah menemukan proyek yang sesuai untuk aktivitas sampingan.

Jadi yuk Sobat Kiyora cari hobi kreatif dan aktivitas sampingan apa yang bisa Sobat Kiyora lakukan? Apa ada hal yang ingin Sobat Kiyora coba? Kalau sudah melakukannya, yuk berbagi pengalaman kamu dengan Kiyora.

Disadur dari https://open.bufferapp.com