contact-button
Mengenal Teh Hijau

Mengenal Teh Hijau

 

 

Matcha

Matcha adalah hasil penumbukan Tencha. Dulunya Matcha digunakan dalam tradisi upacara minum teh di Jepang dan dibuat dari daun teh hijau yang berumur lebih dari 100 tahun. Saat ini, Matcha digunakan sebagai campuran berbagai bahan makanan dan minuman, dan tidak seperti teh hijau Sencha, daun teh Matcha dapat dikonsumsi sepenuhnya.

sencha

Sencha

Teh hijau yang paling sering dikonsumsi, dibuat dengan proses terstandar dimana daun tehnya diuapkan dan digiling untuk menciptakan daun teh mentah.

Fukamushi Sencha

Teh hijau dengan dua kali proses penguapan menciptakan teh bertekstur bubuk dengan rasa dan aroma lebih kuat, lebih berkualitas, dan lebih menyehatkan.

gyokuro

Gyokuro

Dua puluh hari sebelum pemetikan, tanaman teh hijau Gyokuro akan tertutup oleh alang-alang yang berujung pada pembatasan sinar matahari yang meneranginya sehingga menjadikan teh hijau ini rendah rasa sepet dan lebih kaya rasa, dengan aroma unik yang mirip aroma rumput laut.

kabusecha

Kabusecha

Seperti halnya pada tanaman teh hijau Gyokuro, satu minggu sebelum pemetikan, tanaman Kabusecha akan ditutupi oleh alang-alang yang menghalangi sinar matahari untuk meneranginya, menjadikan teh hijau Kabusecha berwarna lebih gelap, penuh rasa, dan lebih rendah rasa sepet.

tencha

Tencha

Teh hijau yang umumnya akan digunakan sebagai bahan baku Matcha. Seperti halnya beberapa teh hijau lainnya, tanaman teh hijau Tencha juga ditumbuhi alang-alang yang menghalangi sinar matahari. Setelah proses penguapan, daun teh hijau Tencha dapat mengering tanpa perlu digiling. Tencha yang telah ditumbuk disebut Matcha.

genmaicha

Genmaicha

Dari namanya yang berarti “Beras Merah”, Genmaicha merupakan campuran beras merah yang diuapkan serta dipanggang, lalu dicampur bersama Sencha dengan rasio 50:50 menjadikan rasanya gurih seperti beras merah tapi juga menyegarkan seperti teh hijau. Kafeinnya yang rendah membuat Genmaicha aman dikonsumsi oleh anak kecil dan orang lanjut usia.

hojicha

Hojicha

Teh hijau Hojicha dibuat dari hasil panggangan Sencha atau teh hijau lainnya yang memberikannya aroma khas. Hojicha dipanggang dengan temperatur yang mencapai 200° celsius dan langsung didinginkan. Selama proses pemanggangan, kafein dalam Hojicha menguap, menjadikan rasanya tidak terlalu pahit. Rasanya yang ringan dan aromanya membuat Hojicha disukai oleh anak-anak dan orang lanjut usia.

sincha

Sincha

Sincha adalah daun teh hijau pertama yang dipetik saat waktunya panen. Pada dasarnya Sincha dan Ichibancha adalah teh hijau yang sama, hanya berbeda di nama. Saat musim dingin, tanaman teh hijau Sincha mengumpulkan nutrisi untuk kemunculan daun barunya dan mengalirkan nutrisi tersebut ke daunnya, daun itulah yang nantinya akan dipetik dan menjadi teh hijau Sincha. Karakter teh hijau Sincha adalah rasa dan aroma yang menyegarkan, tidak terlalu pahit dan terasa begitu manis.

ichibancha-nibancha-sanbancha

Ichibancha, Nibancha, Sanbancha

Ichibancha adalah daun teh hijau pertama yang dipetik saat waktunya panen, selanjutnya teh tersebut akan disebut Nibancha dan Sanbancha, berdasarkan urutan dipetiknya. Ichibanca juga terkadang disebut Sincha, dan lebih sering dikonsumsi secara luas daripada Nibancha dan Sanbancha.