contact-button
Jangan Salah Pilih, Ini Ciri Matcha Yang Enak Dan Berkualitas Tinggi

What is Matcha?

Matcha kini tengah menjadi tren yang mendunia dan hadir dalam berbagai bentuk. Memang, Matcha sesungguhnya sangat mudah dijadikan bahan masakan untuk memberikan rasa yang unik, sehingga wajar rasanya kalau Matcha kini hadir dalam bentuk es krim, permen, kue, dan lain sebagainya. Tapi apa yang membuat teh hijau dari Jepang ini lebih menarik dari berbagai varian green tea yang kita kenal selama ini?

Matcha adalah bubuk teh hijau khusus dari Jepang yang kerap digunakan dalam upacara minum teh. Berbeda dengan teh hijau pada umumnya (dikenal juga dengan nama Sencha), Matcha dibuat dari daun teh hijau yang selama penanamannya dilindungi dari sinar matahari langsung hingga 20 hari sebelum dipetik. Daun teh yang digunakan untuk membuat Matcha pun hanya daun teh terbaik, yang kemudian dikeringkan secara utuh lalu digerus menjadi bubuk, untuk kemudian diseduh menggunakan air panas. Perbedaan yang paling penting antara Matcha dan Sencha adalah Matcha mengandung seluruh nutrisi dari daun teh hijau, termasuk yang biasanya terbuang dalam proses penyeduhan teh hijau yang kita kenal selama ini. Makanya, nutrisi dalam secangkir Matcha setara dengan nutrisi dalam 10 cangkir Sencha.

Namun, bukan itu saja yang membuat Matcha menjadi seterkenal sekarang. Matcha tidak hanya memiliki rasa dan tampilan yang menarik, namun juga berbagai manfaat kesehatan. Pertama, Matcha memiiki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, bahkan hingga 7 kali lebih banyak daripada dark chocolate. Antioksidan ini dapat mencegah penuaan, dan kandungan antioksidan khusus bernama cathecin di dalamnya juga dapat mencegah kanker. Kedua, Matcha juga meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak dalam tubuh, sehingga dapat menurunkan berat badan dan level kolesterol jahat. Apalagi, kandungan klorofil dalam Matcha lebih tinggi dibanding varian teh hijau lain sehingga membantu dalam detoks.

Kalau itu semua masih belum membuat Matcha cukup menarik, jangan lupa bahwa Matcha bisa menjadi pengganti kopi yang efektif. Kandungan kafein dalam Matcha memang lebih rendah dibandingkan dalam secangkir kopi espresso, namun Matcha merupakan sumber L-theanine yang membantu tubuh untuk rileks dan mengurangi stres. Kombinasi kafein dan L-theanine dalam Matcha ini lah yang menghasilkan kondisi terjaga seperti setelah meminum kopi, namun dengan tingkat fokus dan ketenangan yang lebih tinggi tanpa resiko caffeine crash kemudian.

Dengan seluruh manfaat yang telah disebutkan di atas, rasanya wajar saja kan Matcha menjadi populer seperti sekarang? Apalagi, sekarang hadir Kiyora Matcha Latte sebagai cara praktis untuk menikmati kesegaran dan kemurnian Matcha asli dari Jepang. Dipadukan dengan susu pilihan Ultrajaya, Kiyora Matcha Latte dijamin dapat menyegarkan dan menenangkan pikiran kalian, sehingga aktivitas pun akan kembali lancar. Jadi, tunggu apa lagi, Sobat Kiyora?

Source:
http://www.bonappetit.com/entertaining-style/trends-news/article/rise-of-matcha
http://www.bodybuilding.com/fun/8-wonders-of-matcha-green-tea.html
http://www.itoen.com/loose-leaf/matcha
http://www.popsugar.com/fitness/What-Matcha-36942038
http://www.eater.com/drinks/2015/2/11/8006039/everything-you-need-to-know-about-matcha
http://matchasource.com/health-benefits-of-matcha-tea/